Close

Video: Bukan Cuma Tangguh, Oppo Reno 12 dan 12 Pro Juga Punya Fitur AI

2024-08-08 HaiPress

KOMPAS.com - Duo ponsel menengah terbaru Oppo,Reno 12 dan Reno 12 Pro,telah resmi meluncur di Indonesia dengan tampilan yang berbeda dari sebelumnya,berikut desain tangguh yang tahan jatuh,tekanan,hingga benturan.

Selain itu,sesuai dengan slogannya sebagai "AI Phone",Reno 12 dan Reno 12 Pro dibekali dengan sejumlah fitur anyar berbasis kecerdasan buatan dari Oppo.

Sebagian fitur AI tersebut berhubungan dengan proses kreasi dengan gambar atau foto dan bisa dijalankan dengan mudah,langsung lewat galeri atau aplikasi stand alone.

Misalnya,fitur object eraser memungkinkan pengguna menghapus obyek yang tidak dikehendaki dengan mudah. Metode seleksinya bisa secara manual dengan lasso atau paint over,bisa juga deteksi otomatis khusus untuk subyek manusia.

Baca juga: Oppo Reno 12 5G Series Sudah Masuk Indonesia,Reno 12F Kapan?

Oppo juga menyediakan aplikasi stand alone bernama AI Studio untuk mengubah foto wajah pengguna menjadi avatar digital. Terdapat sejumlah preset gaya visual yang dapat dicoba.

Satu fitur baru lainnya yang ditambahkan ke Reno 12 Series Oppo adalah Beacon Link yang memungkinkan pengguna ponsel melakukan panggilan suara tanpa koneksi seluler atau WiFi.

Voice call Beacon Link yang memanfaatkan sambungan nirkabel via Bluetooth ini bisa dilakukan dengan sesama pengguna ponsel Oppo dengan dukungan fitur tersebut.

Spesifikasi mirip,kamera berbeda

Reno 12 dan12 Pro sendiri ibarat anak kembar karena terlihat sangat mirip ketika dilihat dari depan dan belakang. Keduanya sama-sama menganut desain baru yang tampil lebih segar dengan pola wavy di punggung.

Bagian depan kedua ponsel yang menggunakan panel AMOLED 6,7 inci dengan lekukan (curved) berbalut kaca pelindung Gorilla Glass berbeda jenis,tapi sama-sama diklaim tangguh.

Dalam acara peluncuran Reno 12 Series di Jakarta beberapa waktu lalu,Oppo sempat mendemonstrasikan ketangguhan lini ponsel tersebut dengan cara menggunakan layarnya sebagai palu untuk memukul paku di papan.

Baca juga: Ketika Oppo Reno 12 Series 5G Dipakai Getok Paku 4.000 Kali

Spefikasi hardware Reno 12 dan Reno 12 Pro terbilang identik. Keduanya ditenagai chip MediaTek Dimensity 7300 Energy,RAM 12 GB,serta baterai 5.000 mAh dengan fast charging 80 watt.

Sedikit perbedaan ada di opsi kapasitas storage keduanya,di mana Oppo Reno 12 Pro hanya tersedia dalam satu varian,sementara Reno 12 menyediakan dua pilihan kapasitas.

Rangkaian kamera kedua ponsel juga berbeda. Reno 12 Pro dibekali kamera utama 50 MP,kamera telephoto 50 MP (zoom optis 2x),kamera ultra wide 8 MP,dan kamera depan 50 MP.

Sementara,Oppo Reno 12 mengandalkan kamera utama 50 MP,kamera macro 2 MP,dan kamera depan 32 MP.

Selain itu,jika diamati lebih dekat,ternyata ada lagi perbedaan antara Oppo Reno 12 dan Reno 12 Pro. Untuk ulasan selengkapnya,silakan simak video penelusuran oleh KompasTekno di tautan berikut.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Penafian: Artikel ini direproduksi dari media lain. Tujuan pencetakan ulang adalah untuk menyampaikan lebih banyak informasi. Ini tidak berarti bahwa situs web ini setuju dengan pandangannya dan bertanggung jawab atas keasliannya, dan tidak memikul tanggung jawab hukum apa pun. Semua sumber daya di situs ini dikumpulkan di Internet. Tujuan berbagi hanya untuk pembelajaran dan referensi semua orang. Jika ada pelanggaran hak cipta atau kekayaan intelektual, silakan tinggalkan pesan kepada kami.
©hak cipta2009-2020 Informasi Gaya Hidup Riau      Hubungi kami   SiteMap