Close

Tiba di Kalimantan, Duplikat Bendera Pusaka Merah Putih Dibawa Menuju IKN

2024-08-10 HaiPress

JAKARTA,iDoPress - Duplikat bendera pusaka merah putih dan naskah proklamasi yang diterbangkan dari Jakarta sudah tiba di Kalimantan Timur,Sabtu (10/2024).

Duplikat dua benda bersejarah Indonesia itu tiba di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman,Sepinggan,Balikpapan,Kalimantan Timur sekitar pukul 12.04 WITA.

Setelah tiba,duplikat bendera pusaka dan naskah proklamasi langsung dibawa turun dari pesawat TNI AU.

Baca juga: Setelah Dikirab,Duplikat Bendera Merah Putih Diterbangkan Menuju IKN

Naila Aulita Alqubra Sinapoy,purna Paskibraka dari Provinsi Banten,telah membawa duplikat bendera pusaka merah putih.

Selain itu,purna Paskibraka dari Provinsi Papua Pegunungan Lilly Wenda membawa naskah proklamasi.

Keduanya menuruni tangga pesawat TNI AU,lalu berjalan beriringan untuk menuju kendaraan taktis Maung yang sudah dipersiapkan.

Setelahnya,Naila dan Lilly masuk ke dalam mobil Maung dan bersiap membawa duplikat bendera dan teks proklamasi menuju ke Ibu Kota Nusantara (IKN),Penajam Paser Utara,Kalimantan Timur.

Tak berapa lama kemudian,mobil Maung yang disertai sejumlah kendaraan militer dan motor patroli pengawalan berangkat menuju IKN.

Nantinya,duplikat bendera dan naskah proklamasi akan diantarkan ke Istana Negara yang berada di IKN.

Di sana,duplikat bendera pusaka dan naskah proklamasi akan disimpan terlebih dulu.

Baca juga: Cerita Para Purna Paskibraka Pembawa Duplikat Bendera Merah Putih dari Jakarta ke IKN...

Setelah itu duplikat benderang akan diserahkan oleh Presiden Joko Widodo kepada tim Paskibraka 2024 untuk dikibarkan di Istana Negara IKN pada 17 Agustus 2024.

Sebelumnya,duplikat bendera pusaka merah putih dan teks proklamasi telah dikirab dari kawasan Monas di Jakarta Pusat menuju ke Halim Perdanakusuma,Jakarta Timur untuk dilanjutkan diterbangkan menuju Kalimantan Timur.

Prosesi kirab dari Monas ke Halim Perdanakusuma dimulai pukul 08.00 WIB dengan menempuh jarak sekitar 14 kilometer selama satu jam 15 menit.

Kirab dipimpin langsung oleh Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono dan dapat disaksikan langsung oleh masyarakat Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Penafian: Artikel ini direproduksi dari media lain. Tujuan pencetakan ulang adalah untuk menyampaikan lebih banyak informasi. Ini tidak berarti bahwa situs web ini setuju dengan pandangannya dan bertanggung jawab atas keasliannya, dan tidak memikul tanggung jawab hukum apa pun. Semua sumber daya di situs ini dikumpulkan di Internet. Tujuan berbagi hanya untuk pembelajaran dan referensi semua orang. Jika ada pelanggaran hak cipta atau kekayaan intelektual, silakan tinggalkan pesan kepada kami.
©hak cipta2009-2020 Informasi Gaya Hidup Riau      Hubungi kami   SiteMap