Close

TikTok Rilis Fitur Grup Chat, Bisa Tampung 32 Pengguna

2024-08-13 HaiPress

Sumber TechCrunch,TikTok Newsroom

iDoPress - Aplikasi TikTok kini dilengkapi dengan fitur chat grup. Fitur ini diumumkan aplikasi berbagi video singkat tersebut pada Senin (12/8/2024) lewat situs web resminya.

Menurut TikTok,chat grup merupakan salah satu fitur yang dinantikan pengguna. Fitur ini dirilis bersama dengan fitur lainnya seperti dukungan stiker untuk melengkapi Direct Message (DM) dalam aplikasi TikTok.

"Kami memperkenalkan pembaruan baru yang meningkatkan DM,termasuk fitur grup chat yang sangat dinantikan pengguna," demikian kata TikTok dikutip KompasTekno dari laman TikTok Newsroom.

Baca juga: Cara Bikin Waiting Room di Grup WhatsApp agar Kontak Asing Tidak Asal Masuk

Perusahaan asal China ini mendefinisikan chat grup sebagai fitur yang memungkinkan pengguna membuat pengalaman menonton konten bersama teman,keluarga atau komunitas. Anggota di dalam grup juga bisa memberikan komentar atau sekadar memberikan reaksi lewat emoji agar interaksi dalam grup lebih "hidup".

Praktik tersebut persis seperti grup chat di aplikasi Instagram,di mana pengguna bisa berbagi konten di dalam grup dan anggota bisa memberikan komentar atau reaksi.

Di TikTok,satu grup chat bisa menampung hingga 32 pengguna. Dengan fitur ini,pengguna tidak perlu lagi memakai aplikasi berbeda macam WhatsApp dan lainnya,bila ingin berbagi video Tiktok.

Adapun fitur grup chat menandai bahwa TikTok berupaya menjadikan aplikasinya sebagai tempat bersosialisasi,ketimbang sekadar platform hiburan saja. Meski begitu,TikTok tetap memasang batasan pada fitur baru ini,khususnya untuk pengguna di bawah usia 13-15 tahun.

Baca juga: TikTok Diam-diam Luncurkan Whee,Medsos Baru Mirip Instagram

Fitur grup chat hanya tersedia untuk pengguna 16 tahun atau lebih. Pengguna remaja tersebut juga hanya bisa ditambahkan ke chat grup bila saling mengikuti (follow).

Bila pengguna remaja mendapat undangan untuk bergabung ke grup,mereka tidak bisa ditambahkan kecuali terdapat setidaknya satu teman yang sama dalam grup tersebut. Calon anggota dalam grup juga bisa ditinjau terlebih dahulu sebelum masuk chat grup

Berdasarkan posting TikTok,pengguna bisa membuat chat grup dengan cara berikut.

Klik menu Inbox (Kotak masuk)

Pilih menu Chat atau pilih nama pengguna yang tersedia di Inbox

Pilih More options (Opsi lain)

Tambahkan pengguna yang ingin dimasukan ke grup

Pilih Start group chat (Mulai chat grup)

Fitur baru TikTok ini dirilis secara global. Namun pantauan KompasTekno saat artikel ini ditulis,belum tampak adanya fitur chat grup. Boleh jadi fiturnya dirilis secara bertahap ke semua pengguna. Kita tunggu saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Penafian: Artikel ini direproduksi dari media lain. Tujuan pencetakan ulang adalah untuk menyampaikan lebih banyak informasi. Ini tidak berarti bahwa situs web ini setuju dengan pandangannya dan bertanggung jawab atas keasliannya, dan tidak memikul tanggung jawab hukum apa pun. Semua sumber daya di situs ini dikumpulkan di Internet. Tujuan berbagi hanya untuk pembelajaran dan referensi semua orang. Jika ada pelanggaran hak cipta atau kekayaan intelektual, silakan tinggalkan pesan kepada kami.
©hak cipta2009-2020 Informasi Gaya Hidup Riau      Hubungi kami   SiteMap