Close

Google Nonaktifkan Akun AdSense di Rusia, Aksi Balas Dendam?

2024-08-15 HaiPress

iDoPress - Alphabet,perusahaan yang memayungi Google serta YouTube,memutuskan untuk menonaktifkan akun AdSense di Rusia. Artinya,akun Google yang memanfaatkan layanan AdSense milik Google,termasuk YouTube,tidak bisa meraup cuan dari layanan iklan ini.

Seperti diketahui,AdSense adalah layanan iklan dari Google,bagian dari program Google Ads. Layanan ini biasa dimanfaatkan pemilik situs web dan kanal YouTube untuk meraup keuntungan dari iklan yang terpasang di website atau video YouTube mereka.

Nah,dengan dinonaktifkannya AdSense di Rusia,pemilik website dan Youtuber,terancam tidak bisa "gajian" alias menarik pendapatan dari iklan yang terpasang di konten mereka.

"Karena perkembangan yang sedang berlangsung di Rusia,kami tidak akan lagi bisa melakukan pembayaran ke akun AdSense yang berbasis di Rusia,yang masih bisa terus memonetisasi trafik dari luar Rusia," jelas juru bicara Google.

Baca juga: Marak Penipu Sebar Kontak Palsu di Google Maps,Ini Tips Bagi Pemilik Bisnis

"Oleh karena itu,kami akan menonaktifkan akun-akun ini mulai Agustus 2024," imbuhnya,sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Reuters,Rabu (14/8/2024).

Berdasarkan laporan Reuters,beberapa akun AdSense yang masih memiliki pendapatan di bulan Juli,mendapat notifikasi,bahwa pencairan pembayaran akan dilakukan pertengahan Agustus.

"Penghasilan Anda di bulan Juli akan dicairkan sekitar tanggal 21-26 Agustus,dengan asumsi,Anda tidak memiliki penangguhan pembayaran aktif,serta telah memenuhi ambang batas pembayaran minimum," isi pennggalan notifikasi tersebut.

Aksi balas dendam?

Google tidak menjelaskan lebih lanjut apa yang mereka maksud dengan "perkembangan yang sedang berlangsung" dalam pernyataan mereka.

Akan tetapi,keputuan Alphabet ini diduga merupakan aksi "balas dendam" atas pembatasan kecepatan YouTube oleh pemerintah Rusia baru-baru ini.

Akhir Juli lalu,Kepala komite kebijakan informasi Rusia,Alexander Khinshtein,mengumumkan pembatasan kecepatan unduh YouTube di negaranya.

Baca juga: Rusia Cekik YouTube,Kecepatan Dikurangi 70 Persen

Per akhir Juli,kecepatan unduh YouTube akan "dicekik" sekitar 40 persen di YouTube PC/komputer. Kemudian pada akhir minggu berikutnya,atau sekitar awal Agustus,kecepatan unduh YouTube akan diturunkan lagi hingga 70 persen.

Menurut laporan Yahoo News,hal ini dilakukan untuk menghukum perusahaan karena bersikap "anti-Rusia",merujuk pada penghapusan akun milik blogger Rusia dan media YouTube yang mereproduksi pesan Kremlin (sebutan pemerintah Rusia) tentang perangnya terhadap Ukraina.

Sebelum melancarkan invasi ke Ukraina awal tahun 2022 lalu,Rusia memang mulai membatasi akses negara tersebut ke media dari luar negeri.

Beberapa platform media sosial mulai dibatas,termasuk X (dulu Twitter) dan ribuan situs web lain yang dianggap sebagai "organisasi tidak menyenangkan".

Nah,YouTube,sebenarnya salah satu penyintas pembatasan akses itu. Musababnya,tidak ada alternatif yang jelas pada saat itu. Padahal,menurut layanan pemantauan Mediascope,sekitar setengah dari penduduk Rusia menggunakan YouTube setiap bulan.

Penafian: Artikel ini direproduksi dari media lain. Tujuan pencetakan ulang adalah untuk menyampaikan lebih banyak informasi. Ini tidak berarti bahwa situs web ini setuju dengan pandangannya dan bertanggung jawab atas keasliannya, dan tidak memikul tanggung jawab hukum apa pun. Semua sumber daya di situs ini dikumpulkan di Internet. Tujuan berbagi hanya untuk pembelajaran dan referensi semua orang. Jika ada pelanggaran hak cipta atau kekayaan intelektual, silakan tinggalkan pesan kepada kami.
©hak cipta2009-2020 Informasi Gaya Hidup Riau      Hubungi kami   SiteMap