Close

Konsol Gaming Handheld Zotac Zone Resmi, Berbasis Windows dan Layar 120 Hz

2024-08-22 HaiPress

iDoPress - Perusahaan manufaktur perangkat keras komputer Zotac resmi meluncurkan konsol genggam (handheld) berbasis Windows pertamanya,Zotac Zone.

Konsol handheld ini diluncurkan dalam acara pameran game sedunia,Gamescom 2024,yang dihelat di Cologne,Jerman.

Zotac Zone mengusung layar AMOLED berukuran 7 inci dengan resolusi 1.080p,refresh rate 120 Hz,dan tingkat kecerahan (brightness) maksimum 800 nits. Sebagai perbandingan,konsol handheld di pasaran umumnya menggunakan panel OLED dan LCD.

Zotac mengeklaim layar perangkatnya ini mendukung wide color gamut untuk menampilkan lebih banyak warna,dengan cakupan gamut warna DCI-P3 100 persen dan sRGB 150 persen. Tak hanya itu,panel ini juga mampu menampilkan warna hitam yang lebih pekat.

Baca juga: Konsol Gaming Handheld Asus ROG Ally X Diumumkan,Hardware Bakal Naik Kelas

Selain layar,Zotac Zone juga mengunggulkan konfigurasi controller yang dimilikinya.

Di sebelah kanan layar,Zotac Zone dilengkapi tombol ABXY,tombol analog,dan tombol touchpad. Sementara itu,bagian kiri diramaikan oleh tombol directional pad (D-pad),tombol menu,serta touchpad.

Dengan begitu,konsol ini sekilas mirip dengan Steam Deck.

Konsol gaming ini menghadirkan tombol analog dan tombol trigger (tombol di pundak konsol) Hall effect,yang mampu memaksimalkan akurasi dan respons controller.

Tombol analog dan trigger ini juga dilengkapi teknologi induksi elektromagnetik untuk menghindari isu seperti joystick drift,yakni kondisi di mana tombol analog bergerak sendiri meski tidak disentuh gamer.

GizmoChina Zotac Zone

Tombol trigger ini bisa diatur menggunakan tombol geser yang diletakkan di punggung perangkat. Ada dua pengaturan yang bisa dipilih pengguna,yaitu hair trigger dan full-pull trigger.

Hair trigger memungkinkan tombol trigger merespons secara cepat ketika disentuh,sehingga jenis trigger seperti ini sangat cocok digunakan saat bermain game tembak-menembak (shooter).

Baca juga: Gamer Arab Saudi Hubungkan 444 Konsol Game ke Satu TV,Pecahkan Rekor

Di sisi lain,full-pull trigger membutuhkan waktu lebih lama untuk merespons. Trigger semacam ini cocok digunakan untuk bermain game balapan (racing) seperti Forza Horizon.

Setiap tombol analog memiliki roda kecil bernama Radial Dials yang bisa digunakan untuk melakukan pengaturan sistem.

Spesifikasi Zotac Zone lainnya meliputi prosesor AMD Ryzen 7 8840U yang mirip seperti Ryzen Z1 Extreme di konsol Asus ROG Ally X.

Bedanya,Zotac Zone dilengkapi RAM LPPDR5X-7500 16 GB,lebih kecil dibanding RAM 24 GB di ROG Ally X.

Penafian: Artikel ini direproduksi dari media lain. Tujuan pencetakan ulang adalah untuk menyampaikan lebih banyak informasi. Ini tidak berarti bahwa situs web ini setuju dengan pandangannya dan bertanggung jawab atas keasliannya, dan tidak memikul tanggung jawab hukum apa pun. Semua sumber daya di situs ini dikumpulkan di Internet. Tujuan berbagi hanya untuk pembelajaran dan referensi semua orang. Jika ada pelanggaran hak cipta atau kekayaan intelektual, silakan tinggalkan pesan kepada kami.
©hak cipta2009-2020 Informasi Gaya Hidup Riau      Hubungi kami   SiteMap