Close

Pengamat Nilai Golkar Takut Ditinggal Basis Keluarga Besar Airin di Banten

2024-08-27 HaiPress

JAKARTA,iDoPress - Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menilai,keputusan Partai Golkar balik badan memberikan rekomendasi maju Pilkada Banten untuk Airin Rachmi Diany membuktikan bahwa eks Wali Kota Tangerang Selatan itu telah membuat Golkar tersudut.

Terlebih,Airin sudah digoda untuk bergabung ke PDI-P yang telah lebih dulu memberinya rekomendasi maju Pilkada Banten kemarin,Senin (26/8/2024).

"Kasus airin ini sebenarnya menegaskan betapa Golkar itu tidak mau kehilangan kader terbaik mereka," kata Adi kepada Kompas.com,Selasa (27/8/2024).

"Apa pun itu Banten merupakan kandangnya Golkar dan yang menjadi lokomotif Golkar di banten adalah keluarga besarnya Airin. Jadi,kalau Airin pindah ke 'keluarga' lain,tentu kerugian besar bagi Golkar," ujar dia.

Baca juga: Golkar Dukung Airin-Ade di Banten,Bahlil: Ini Keputusan Akhir

Adi menilai,Golkar dalam posisi tak punya pilihan,ketika sebelumnya bergabung dalam formasi Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus yang mengusung kader Partai Gerindra,Andra Soni,maju di Pilkada Banten.

Mereka membiarkan Airin yang elektabilitasnya paling tinggi di Banten kehabisan tiket untuk maju.

Terbukanya peluang maju bagi Airin usai Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 70/PUU-XXII/2024 dianggap mengubah konstelasi itu,karena tiket maju Pilkada Banten tak lagi "mahal" setelah MK menurunkan ambang batas (threshold) pencalonan secara drastis.

"Saya menduga partai yang elektabilitas kadernya bagus tapi terpaksa bergabung dengan KIM ya satu per satu akan meninggalkan Kim,mengusung kader mereka sendiri," ujar Adi.

Baca juga: Golkar Alihkan Dukungan ke Airin,Andra Soni: Tak Masalah,Saya Siap Bertanding

"Sangat berisiko bagi Golkar kalau tidak mengusung Airin. Karena basis-basis Golkar di Banten bisa gembos dan mengikuti ke mana arah dukungan politik Airin," imbuh dia.

Sebagai informasi,Airin berafiliasi dengan "dinasti" Ratu Atut Chosiyah yang berjaya di Banten dalam naungan bendera Golkar.

"Dinasti" ini menempatkan orang-orangnya di beberapa posisi kunci pemerintahan provinsi paling barat Pulau Jawa,termasuk Atut sendiri yang pernah dua kali dipidana karena kasus suap Ketua MK Akil Mochtar dan jual-beli jabatan.

Adik Atut,Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan,juga dipenjara karena korupsi sejumlah proyek di Banten. Wawan merupakan suami Airin.

Diberitakan sebelumnya,Partai Golkar kini berbalik arah kembali mengusung Airin pada Pilkada Banten setelah sebelumnya menyatakan mendukung pasangan Andra Soni-Dimyati Natakusumah.

Surat rekomendasi dukungan Partai Golkar telah disampaikan Ketua Umum Bahlil Lahadalia kepada Airin pada Selasa.

“Ibu Airin adalah anak dari kandung Partai Golkar,sebagai ibu dari pada anak yang dilahirkan dan dibesarkan rasanya tidak pas kalau tidak diantarkan oleh ibunya untuk ikut berkompetisi,” ujar Bahlil.

Selain Golkar,pasangan Airin-Ade juga didukung oleh PDI Perjuangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Penafian: Artikel ini direproduksi dari media lain. Tujuan pencetakan ulang adalah untuk menyampaikan lebih banyak informasi. Ini tidak berarti bahwa situs web ini setuju dengan pandangannya dan bertanggung jawab atas keasliannya, dan tidak memikul tanggung jawab hukum apa pun. Semua sumber daya di situs ini dikumpulkan di Internet. Tujuan berbagi hanya untuk pembelajaran dan referensi semua orang. Jika ada pelanggaran hak cipta atau kekayaan intelektual, silakan tinggalkan pesan kepada kami.
©hak cipta2009-2020 Informasi Gaya Hidup Riau      Hubungi kami   SiteMap